Tata Cara Memilih Konsultan UKL – UPL Yang Paling Tepat

Konsultan UKL UPL – Sekarang ini banyak sekali pebisnis yang mendirikan usaha dan berhubungan erat dengan lingkungan. Usaha yang berhubungan dengan ini akan memerlukan dokumen UKL UPL yang merupakan syarat untuk bisa mendirikan sebuah usaha.

Hal tersebut juga sudah menjadi ketentuan pemerintah yang dituliskan ke dalam peraturan pemerintah Nomor 27 tahun 1999. Pembuatan dokumen tersebut pastinya akan mempunyai beberapa tujuan dan akan bermanfaat untuk perusahaan yang sedang didirikan.

Tips Memilih Konsultan, UKL - UPL, Konsultasi Lingkungan Terdekat,Keuntungan Konsultasi,Jasa Konsultasi Lingkungan,Manfaat Jasa Konsultan,Konsultasi Lingkungan,
Tips Memilih Konsultan, UKL - UPL, Konsultasi Lingkungan Terdekat,Keuntungan Konsultasi,Jasa Konsultasi Lingkungan,Manfaat Jasa Konsultan,Konsultasi Lingkungan,

Apa itu UKL UPL ?

Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup atau sering disingkat dengan UKL – UPL adalah salah satu instrumen pengelolaan dalam lingkungan hidup. UKL – UPL akan memastikan jika usaha yang sedang dijalankan tidak akan membuat dampak yang buruk untuk lingkungan, sehingga izin untuk menyelenggarakan usaha tersebut bisa dikeluarkan.

Dokumen UKL – UPL wajib untuk berbagai usaha yang tidak membutuhkan dokumen AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan). Hal ini berarti UKL-UPL ditujukan untuk usaha maupun sebuah proyek yang hanya mempunyai dampak kecil kepada lingkungan hidup dan juga skala pengendalian tidak terlalu rumit dan juga kecil.

Proses untuk mengajukan juga sangat sederhana dan tidak harus melakukan presentasi dan penilaian dengan skala yang besar. Namun akan lebih mengarah kepada syarat teknis untuk lebih bisa memenuhi standar dalam pengelolaan lingkungan hidup. UKL UPL tidak hanya akan dibuat untuk sebuah usaha yang masih dalam proses perencanaan proyek untuk mendapatkan izin saja.

Dokumen ini wajib untuk diajukan bagi usaha yang sudah berjalan tetapi masih belum memilikinya. UKL UPL akan berlaku mulai dari usaha tersebut pertama kali didirikan dan pelaku usaha tidak melakukan pergantian lokasi tempat usaha, bahan baku dan juga prosesnya.

Jika akan mengurus dokumen ini pastikan segera untuk menjalankan usaha karena dokumen tersebut akan dinyatakan kadaluarsa dan tidak dapat digunakan kembali, jika dalam waktu 3 tahun sejak dikeluarkan tidak ada usaha apa pun yang berjalan.

Tipe Memilih Konsultan UKL UPL Surabaya

Tidak semua orang dapat melakukan penyusunan dokumen UKL UPL. Jika memiliki niat untuk bisa mencari konsultan dalam melakukan kepengurusan surat izin lingkungan usaha yang dijalankan, maka kamu bisa mencari konsultan yang bisa dipercaya dan tepat, supaya nanti hasilnya dokumen yang diingini mempunyai kualitas yang bagus.
Berikut ini merupakan tips agar bisa memilih konsultan terpercaya yang dapat dilakukan :

  • Pilih Konsultan yang Memang Bener – benar Tahu Tentang Sistem Birokrasi dalam Pemerintahan

Jika nantinya kamu menginginkan jasa konsultan yang terpercaya, maka dapat memilih yang benar-benar memiliki pengetahuan berkaitan dengan sistem birokrasi dalam pemerintahan yang baik. Hal ini akan lebih memberikan kemudahan dalam mengurus berbagai dokumen UKL UPL sampai ketika dokumen tersebut bisa diterbitkan.

  • Pilih Konsultan yang Mau Memberikan Jaminan

Ketika akan memilih konsultan yang bisa dipercaya dengan memilih konsultan yang memang berani untuk memberikan jaminan, misalnya sampai keluar rekomendasi untuk persetujuan dokumen UKL UPL, jaminan untuk jangka waktu dalam pekerjaan, dan juga jaminan uang akan kembali jika pekerjaan tidak sesuai. Jika kamu sudah menemukan penyedia jasa IKL UPL yang seperti ini maka harus segera dipertahankan.

Baca Juga : Daftar Nama Perumahan Surabaya Jawa Timur

Cara Penyusunan Dokumen UKL UPL

Pada saat akan melakukan penyusunan sebuah dokumen UKL dan UPL, maka akan mempunyai beberapa mekanisme, antara lain adalah :

  • Mengumpulkan Data

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah melakukan pengumpulan untuk data primer dan sekunder dari usaha yang sedang dijalankan. Baik itu dari profil kegiatan usaha tersebut sampai pengambilan untuk sampel lingkungan yang ada di sekitar lokasi tempat usaha dijalankan.

Supaya nantinya proses dalam pengumpulan data tidak terkendala, beberapa dokumen yang memang harus dipersiapkan adalah gambar bangunan yang digunakan untuk menjalankan usaha, IPAL (Rencana Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah), IMB, dan juga persetujuan warga sekitar.

  • Melakukan Penyusunan Dokumen

Bila dirasakan data yang sudah diambil tersebut cukup dan juga hasil untuk sampel lingkungan yang ada di sekitarnya sudah dilakukan pengujian pada laboratorium. Langkah berikut adalah melakukan penyusunan dokumen.

Seberapa lamanya untuk proses dalam penyusunan dokumen tersebut akan bergantung dari keterampilan tenaga penyusunannya. Oleh sebab itu penting sekali memilih penyedia jasa konsultan UKL UPL yang profesional dan juga sudah terampil dalam melakukan penyusunan dokumen tersebut.

  • Asistensi Dokumen

Ketika dokumen – dokumen tersebut selesai dilakukan penyusunan dan sudah diberikan persetujuan oleh pihak terkait, dokumen tersebut diserahkan ke instansi pemerintahan yang telah mengelola permasalahan lingkungan hidup. Dokumen yang sudah diberikan itu akan dinilai oleh para tim penilai administratif yang nantinya akan melakukan rapat asistensi bersamaan dengan penyusunan UKL UPL. Jika nantinya ada sesuatu yang memang memerlukan revisi, maka harus segera dilakukan.

Tips Memilih Konsultan, UKL - UPL, Konsultasi Lingkungan Terdekat,Keuntungan Konsultasi,Jasa Konsultasi Lingkungan,Manfaat Jasa Konsultan,Konsultasi Lingkungan,
Tips Memilih Konsultan, UKL - UPL, Konsultasi Lingkungan Terdekat,Keuntungan Konsultasi,Jasa Konsultasi Lingkungan,Manfaat Jasa Konsultan,Konsultasi Lingkungan,

  • Mengadakan Rapat Pembahasan Dokumen

Berikutnya adalah melakukan rapat pembahasan terhadap dokumen oleh berbagai instansi yang berkaitan dan juga pemilik usaha. Jika usaha yang akan didirikan merupakan sebuah klinik, maka biasanya pihak yang berkaitan untuk hadir adalah instansi perizinan terpadu, Dinas Kesehatan, Tata Ruang, dan juga Dinas Pertanahan.

Jika usaha yang akan dijalankan bergerak di dalam bidang industri, maka akan dihadirkan pihak yang berasal dari Dinas Perindustrian dan juga Perdagangan beserta Dinas Ketenagakerjaan. Rapat itu akan memberikan hasil berupa poin-poin untuk melakukan koreksi yang harus dilakukan revisi.

  • Melakukan Revisi Dokumen

Tugas dari seorang penyusun dokumen adalah melakukan revisi dari hasil catatan pembahasan beserta diskusi antara para instansi pemerintahan dan juga pemilik usaha. Setelah melakukan proses revisi terhadap dokumen terselesaikan, maka harus segera diserahkan kembali ke Instansi yang berkaitan, karena nantinya bisa saja akan ada revisi lagi.

Jika sudah dinilai memang sesuai, instansi lingkungan hidup yang ada di lokasi tersebut akan mengeluarkan rekomendasi lingkungan yang berkaitan dengan izin yang sudah dilakukan tersebut.

Baca Juga : Konsultan Lingkungan Terpercaya, Inilah Keuntungan yang Didapatkan

Proses Untuk Mengajukan UKL – UPL

Ketika akan mengajukan pembuatan dokumen UKL UPL untuk usaha yang kamu jalankan, maka terlebih dahulu harus menuliskan beberapa data yang harus dilakukan pengisian pada formulir isian dalam UKL UPL :
  1. Identitas emily usaha
  2. Rencana usaha yang akan dilakukan.
  3. Dampak yang bisa terjadi dilakukan menurut hasil dari UKL – UPL.
  4. Memberikan tanda tangan dan juga cap.
Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik usaha ketika akan mengajukan UKL – UPL :
  1. Fotocopy identitas diri.
  2. Laporan izin untuk memanfaatkan ruang.
  3. Laporan untuk izin prinsip.
  4. Dokumen UKL UPL berdasarkan dari peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.16 tahun 2012,lampiran ke – IV.
  5. Lampirkan identitas yang melakukan penyusunan dokumen.
  6. Desain untuk rencana usaha yang dilakukan.
  7. File dokumen untuk UKL UPL.
  8. Surat permohonan untuk melakukan penilaian UKL – UPL.