Konsultan Amdal Pasuruan, Konsultan Amdal Bangil, Konsultan Amdal Ponorogo, Konsultan Amdal Probolinggo, Konsultan Amdal Kraksaan, Konsultan Amdal Sampang

Konsultan Amdal Pasuruan, Konsultan Amdal Bangil, Konsultan Amdal Ponorogo, Konsultan Amdal Probolinggo, Konsultan Amdal Kraksaan, Konsultan Amdal Sampang

Konsultan Amdal Pasuruan, Konsultan Amdal Bangil, Konsultan Amdal Ponorogo, Konsultan Amdal Probolinggo, Konsultan Amdal Kraksaan, Konsultan Amdal Sampang
Konsultan Amdal Pasuruan, Konsultan Amdal Bangil, Konsultan Amdal Ponorogo, Konsultan Amdal Probolinggo, Konsultan Amdal Kraksaan, Konsultan Amdal Sampang

Contoh Amdal

Terdapat banyak contoh dari kasus amdal di Indonesia, misalnya ialah seperti kasus TPA, Bantar Gebang, Bekasi. yang apabila disusun di dalam bentuk amdal itu akan menjadi seperti berikut ini :

1. Latar belakang masalah

Apa dampak dari sampah yang terdapat di TPA Bantar Gebang bagi lingkungan serta masyarakat sekitar.
Bagaimana sistem pengelolaannya serta kebijakan dari pemerintah di dalam menanggulangi sampah yang terdapat di daerah Bantar Gebang Bekasi dan juga disekitarnya.

2. Data dan fakta yang ada di lapangan

Faktanya itu menunjukkan bahwa masyarakat yang tinggal di sekitar TPA tersebut banyak yang terkena penyakit. Seperti penyakit ISPA, Gastritis, Mialgia, Anemia, infeksi serta alergi kulit, Asma, Reumatik, Hipertensi, dan juga masih banyak lagi. Hal tersebut menunjukkan bahwa TPA Bantar Gebang ini menimbulkan dampak yang buruk bagi masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

Sedangkan menurut data yang ada, jumlah sampah domestik yang berasal dari rumah tangga ialah sekitar 2.915.263.800/ton. Sedangkan untuk lumpur dari septi tanc itu jumlahnya mencapai 60.363,41 ton /tahunnya. untuk sampah yang berasal dari industri pengolahan jumlahnya itu mencapai 8.206.824,03 ton per tahunnya.

Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah sampah yang terdapat di TPA Bantar Gebang tersebut, sudah melewati batas maksimal. Sehingga menimbulkan beragam penyakit di lingkungan sekitar, serta hal tersebut harus ditanggulangi secepatnya. Disebabkan juga karna jumlah sampah yang menumpuk itu akan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan jumlah sampah tersebut melonjak tiap tahunnya. Misalnya saja disebabkan karna kegiatan atau aktivitas operasional yang buruk, sehingga kemudian menimbulkan pencemaran di badan air yang terdapat di sekitar TPA. Serta juga air tanah yang diakibatkan oleh limbah serta munculnya kebakaran disebabkan karna terbakarnya gas methan.

Dinas kebersihan ini sudah melakukan hal-hal berikut ini, untuk menanggulangi masalah sampah di TPA Bantar Gebang tersebut. diantaranya sebagai berikut :

Menambah fasilitas unit di dalam pengolahan limbah serta meningkatkan efisiensi pengolahan sampah, supaya kualitas limbah memenuhi syarat untuk selanjutnya dibuang.
Meningkatkan dan juga memperbaiki penanganan sampah supaya sesuai dengan prosedur yang ada, yakni sanitary landfill.
Membantu masyarakat sekitar yang tinggal tak jauh dari TPA, itu dengan puskesmas, menyediakan air bersih, serta juga ambulance.
Mengatur para pemulung yang biasa berkeliaran di TPA supaya tidak mengganggu kegiatan atau aktivitas operasional para petugas.

3. Hasil analisa

a. Bagaimana dampak sampah bagi lingkungan masyarakat
Jumlah sampah yang melimpah serta kondisi TPA yang buruk ini akan mengakibatkan munculnya segala macam jenis penyakit. yang terjadi dimasyarakat di sekitar TPA, selain dari itu keberadaan TPA itujuga akan merusak lingkungan serta ekologi di sekitarnya. Munculnya pencemaran tanah yang juga berbahaya.

Tanah yang tadinya bersih tersebut akan tercampur dengan limbah atau juga sampah yang terdapat di sana. Maka potensi pencemaran tanah yang dilihat dengan secara fisik itu akan berlangsung di dalam jangka waktu yang cukup lama.

b. Bagaimana sebuah sistem pengelolaan sampah serta kebijakan yang diberikan oleh pemerintah.
Terdapat banyak faktor yang menyebabkan pengelolaan sampah itu menjadi buruk serta memberi dampak negatif bagi lingkungan. Misalnya ialah faktor internal, yang mencakup sumber daya manusia yang kurang atau juga tidak berkualitas di dalam mengelola sampah serta TPA. Faktor lainnya ialah faktor eksternal yakni minimnya lahan untuk TPA yang terdapat di kota besar.

Sehingga jumlah sampah yang masuk itu tidak sebanding dengan ukuran lahan TPA yang ada. Alasan eksternal lainnya ialah penolakan dari masyarakat sekitar mengenai adanya TPA yang berada tak jauh dari tempat tinggal mereka. Sedangkan untuk kebijakan yang diberikan oleh pemerintah di dalam menanggulangi sampah di TPA Bekasi tersebut sebagai berikut :

Menentukan siapa yang kemudian akan mengelola TPA serta bagaimana cara pengelolaan yang harusnya itu dilakukan.
Akan diterapkan beberapa aturan di dalam cara pengelolaan yang tepat, serta teknologi apa saja yang kemudian akan digunakan supaya hasilnya sesuai itu dengan aturan yang ada tentang kondisi serta pengelolaan suatu TPA.
Teknologi yang akan digunakan itu akan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang terdapat, terutama kemampuan pemilik proyek tentang biaya yang dimiliki.

4. Kesimpulan

a. TPA yang letaknya itu tak jauh dari lokasi atau juga tempat tinggal penduduk, atau juga masyarakat sekitar maka hal tersebut akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan orang yang tinggal di sana.

b. Sistem pengelolaan yang digunakan itu sudah ketinggalan zaman sehingga kemudian tidak mencapai hasil yang maksimal. Maka dari itu pemerintah itu harus membuat kebijakan baru baik itu dengan secara internal atau juga eksternal. Faktor internal ini ialah kesadaran dari masyarakat sekitar mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Sedangkan untuk faktor eksternal tersebutbiasanya melingkupi minimnya lahan pembuangan sampah disuatu daerah, serta tidak ketatnya pemerintah itu di dalam membuat aturan mengenai sampah baik pemerintah pusat atau pun juga daerah.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Amdal, Fungsi, Prosedur, Komponen, Manfaat dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber: pendidikan. co.id/pengertian-amdal/

Konsultan Amdal Pasuruan, Konsultan Amdal Bangil, Konsultan Amdal Ponorogo, Konsultan Amdal Probolinggo, Konsultan Amdal Kraksaan, Konsultan Amdal Sampang